Kolesterol Tinggi, Penyebab dan Gejalanya

Kolesterol Tinggi Dalam Darah

kolesterol tinggi

Kolesterol Tinggi, Penyebab dan Gejalanya – Kolesterol merupakan biang dari berbagai penyakit kronis karena apabila kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah maka bisa mengundang penyakit berbahaya bahkan bisa terjadi komplikasi.

Apakah anda berpikir bahwa kolesterol tinggi hanya diderita oleh kalangan lanjut usia saja?

Hal tersebut merupakan asumsi yang salah, karena kolesterol tinggi tidak mengeal usia. Perlu diketahui bahwa koleseterol ternyata dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pembentukan hormon. Akan tetapi apabila jumlah koleseterol jahat dalam tubuh kita lebih tinggi daripada kolesterol baik maka bisa mengakibatkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, serangan jantung mendadak dan stroke.

Kolesterol juga dapat mengendap pada bagian dinding arteri sehingga bisa menghambat sirkulasi darah yang mengalir pada bagian jantung, otak dan bagian tubuh lainnya. Maka dari itu ketika kolesterol tinggi bisa mengakibatkan penyempitan arteri atau biasa disebut dengan arterosklerosis. Arterosklerosis merupakan penggumpalan darah pada bagian tubuh tertentu yang bisa mengakibatkan stroke dan serangan jantung.

Penyebab Kolesterol Tinggi

  • Pola makan – Banyak iklan di televisi yang secara tidak langsung menyuruh para penonton dirumahnya untuk mengurangi asupan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Meskipun kebanyakan dari kita mengabaikannya namun hal tersebut memang harus diperhatikan. Seseorang yang mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh atau kolesterol bisa mengakibatkan tingginya kolesterol dalam tubuh. Makanan tersebut terdapat pada telur, jeroan, keju, kue, dan berbagai hidangan lainnya yang diolah dengan cara digoreng. Maka dari itu ketika anda didiagnosa telah memiliki kolesterol tinggi sebaiknya menjaga pola makan dan menghindari makanan yang bersifat digoreng dan mengandung lemak jahat.
  • Berat badan – Hati – hati bagi anda yang memiliki berat badan melebihi batas ideal atau normal. Tubuh yang gemuk atau obesitas lebih rentan terhadap penyakit. Sekedar mengingatkan saja bahwa ternyata berat badan berlebih itu sangat beresiko terkena penyakit kronis dan komplikasi berbagai penyakit. Maka dari itu menjaga berat badan agar selalu ideal merupakan hal yang penting karena selain menjaga tubuh agar tetap sehat juga bisa menstabilkan kadar kolesterol pada tubuh kita.

Lalu bagaimana cara mengetahui kolesterol dalam tubuh kita ?

Sebenarnya untuk mengetahui apakah kolesterol dalam tubuh kita normal atau tidak tentu harus diperiksakan ke dokter. Namun kita juga dapat mendiagnosis sendiri apakah kolesterol dalam tubuh kita tinggi atau normal dengan cara mengenali tanda -tanda dari kolesterol tersebut. Berikut adalah tanda – tanda kolesterol yang mengindikasi bahwa kolesterol dalam tubuh kita tinggi

Gejala Kolesterol Tinggi

  • Terjadi kesemutan pada kaki dan tangan – Orang yang memiliki kolesterol tinggi akan seringkali merasakan kesemutan pada bagian kaki dan tangan nya. Gejala tersebut akibat dari aliran darah yang tidak bisa mencukupi pada bagian kaki dan tangan. Kesemutan ini terjadi dalam jangka waktu yang lama dan berulang – ulang.
  • Sering terjadi pegal pada bagian tangan dan kaki – Selain daripada kesemutan, pasien yang mengidap kolesterol tinggi sering mengalami pegal pada bagian tangan dan kaki nya. Gejala tersebut terjadi meskipun tidak melakukan aktifitas yang membebani kaki dan tangan.
  • Sering mengalami sakit kepala bagian belakang – Pasien kolesterol tinggi akan sering mengalami pusing terutama pada bagian belakang kepala. Hal tersebut karena pasokan oksigen yang mengalir dalam darah ke bagian kepala menjadi terhambat. Apabila tidak ditangani dengan cepat bisa mengakibatkan stroke.
  • Sering mengantuk – Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi biasanya sering merasa ngantuk. Hal tersebut terjadi pada orang yang memiliki kadar trigliserida diatas 600 mg. Normalnya kita memiliki kadar trigliserida yaitu antara 150 sampai 200 mg. Jadi ketika melebihi batas normal, maka bisa menyebabkan penyempitan lemak pada pembuluh darah ke otak. Asupan oksigen pun menjadi berkurang dan menyebabkan seseorang sering merasa ngantuk.

Itulah beberapa gejala kolesterol yang patut diwaspadai. Untuk mencegahnya anda bisa merubah pola hidup menjadi lebih sehat dan mengonsumsi makanan bergizi. Apabila anda ingin mencegah kolesterol tinggi atau sedang dalam masa penurunan kolesterol maka disarankan untuk mengonsumsi suplemen khusus untuk mengatasi kolesterol tinggi. Selengkapnya di Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi

Posted by : deepseafishoilsoftgel.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMO BULAN INI! Beli 3 Botol Gratis 1 Pcs Teh Pelangsing, Selengkapnya Klik Disini